TRIANI, Meli (2021) PENGEMBANGAN BUKU MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA ( BUDAYA JALAWASTU ). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.rtf - Published Version Download (50kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MELI TRIANI-40317008-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Buku matematika yang ada saat ini masih perlu dikembangkan guna meningkatkan eksistensinya. Selain itu, pemahaman siswa terkait budaya terutama budaya lokal daerah masih rendah. Terlihat dari penggunaan buku yang memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap budaya lokal daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prosedur pengembangan buku matematika berbasis etnomatematika (Budaya Jalawastu) sebagai model baru dalam pembelajaran dengan konsep yang menarik serta untuk mengetahui apakah buku yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu: (1) tahap analisis (Analysis), (2) tahap perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Develop), (4) tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Satu Atap Ketanggungan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 (Lima) siswa kelas VII. Cara pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. kelayakan buku dilihat dari hasil uji kevalidan dan kepraktisan yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh hasil uji kevalidan buku oleh ahli memperoleh penilaian dari ahli materi dengan rata-rata skor 4,32 dan presentase 86,4 % berkategori valid dan penilaian dari ahli media dengan rata-rata skor 4,38 dan presentase 87,5 % berkategori valid. Sedangkan Hasil uji coba kepraktisan buku memperoleh penilaian respon guru dengan presentase 80,6 % berkategori praktis dan hasil respon siswa memperoleh presentase 86,2 % berkategori praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Matematika Berbasis Etnomatemtika (Budaya Jalawastu) |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:27 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:27 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |