AL HIKMAH, Al hikmah (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI GENDER KELAS V SD NEGERI KALIGIRI 02 SIRAMPOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (905kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.rtf - Published Version Download (352kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Al Hikmah-40217003-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah adanya pembelajaran yang dilakukan di masa pandemi, sehingga berpengaruh terhadap pembelajaran matematika yang menyebabkan hasil kemampuan berpikir kritis matematis antara laki-laki dan perempuan mengalami perbedaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa di masa pandemi ditinjau dari gender kelas V SD Negeri Kaligiri 02 Sirampog. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dalam pemecahan masalah yang diambil siswa laki-laki berbeda dengan penerapan pemecahan masalah siswa perempuan. Hal itu ditunjukkan dari hasil tes dan wawancara pada siswa laki-laki dan perempuan. Dari 6 indikator siswa laki-laki hanya mampu menggunakan 2 langkah dalam penyelesaian masalah yaitu, pertama (identify) menyebutkan pokok permasalahan. Kedua, (define) Menyebutkan informasi yang dibutuhkan. Siswa perempuan mengambil 4 langkah dalam memecahkan masalah yaitu: pertama (identify) menyebutkan pokok permasalahan, kedua (define) Menyebutkan informasi yang dibutuhkan, ketiga (enumerate) membuat cara dan strategi dan (self-correct) mengoreksi hasil jawaban dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dalam hal kemampuan berpikir kritis matematis di masa pandemi lebih rendah dibandingkan perempuan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis matematis, gender, pandemi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
View Item |