PRAMITRI, Oktisia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA YOUTUBE BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI JENIS-JENIS USAHA PEREKONOMIAN KELAS 5 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SD NEGERI 1 SAMUDRA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (554kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.docx - Published Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Oktisia Pramitri-40217004-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (500kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya keterbatasan media pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran masa pandemi di SD Negeri 1 Samudra sehingga peneliti melakukan pengembangan terhadap media youtube berbasis kearifan lokal materi jenis-jenis usaha perekonomian pada materi IPS kelas 5. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa media youtube berbasis kearifan lokal untuk mengetahui kelayakan dan peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4 tahap berupa 4D menurut Thiagarajan (1974) yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran dengan pengujian data menggunakan uji normalitas gain. Hasil penelitian berupa pengujian kelayakan dari ahli dan peningkatan dari respon guru dan siswa. Media dinyatakan layak setelah melalui pengujian dari ahli media memperoleh hasil sebesar 4,19 sedangkan ahli materi memperoleh hasil penilaian sebesar 4,27. Uji kelayakan oleh ahli menyatakan bahwa media youtube berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak digunakan. Selain itu, adanya konversi respon guru kelas memperoleh hasil penilaian sebesar 4,95. Sedangkan, hasil uji coba respon produk diperoleh hasil penilaian pada perbandingan kelas kontrol dan kelas eksperimen uji coba produk dengan masing-masing memperoleh penilaian sebesar 0,64 untuk kelas kontrol dan nilai sebesar 0,96 untuk kelas eksperimen. Hasil respon siswa tersebut menyatakan bahwa media pengembangan youtube yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa media youtube berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Youtube Berbasis Kearifan Lokal, Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1006 |
Actions (login required)
View Item |