MASYRUH, Muhammad Azynal (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MUHAMAD AZYANAL MASYRUH-40317011-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa e-Modul Interaktif dengan pendekatan matematika realistik materi Trigonometri yang layak/valid untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu untuk mengetahui kepraktisan dan peningkatan minat belajar matematika peserta didik menggunakan e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan 4D, Namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap ketiga yaitu, Define, Design, dan Development. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi konstruk, angket validasi isi, angket respon peserta didik, dan angket minat belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berbentuk deskriptif yang diubah menjadi skor. Skor yang diperoleh diubah menjadi nilai persentase sehingga kualitasnya ditentukan melalui interpretasi nilai persentase. Untuk peningkatan minat belajar peserta didik dihitung dengan menggunakan skor standar gain. Hasil penelitian ini adalah; (1) e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. (2) uji coba produk e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik materi Trigonometri terhadap peserta didik memperoleh skor 74,19% dengan kategori praktis (3) peningkatan minat belajar peserta didik memperoleh nilai standar gain 0,68 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Interaktif, Matematika Realistik, Minat Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Ilmu Ukur, Geometri, Trigonometri |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:31 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1012 |
Actions (login required)
View Item |