SARI, Dwi Puspita (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM POSING BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model R&D yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media, wawancara, dan lembar kepraktisan produk. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dinyatakan melalui pengujian para ahli, respon guru dan respon siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Problem Posing, Superitem, Terbimbing. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:32 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:32 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |