ALFIATUN, Ana (2021) ANALISIS TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI GENDER DI KELAS IVA SD ISLAM TAALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (881kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.doc - Published Version Download (27kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ana Alfiatun-40217032-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh keluhan siswa yang mengikuti pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran yang monoton. hal tersebut menyebabkan penurunan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring ditinjau dari gender di kelas IVA SD Islam Taallumul Huda Bumiayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan peneltiannya deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring di kelas IVA SD Islam Taallumul Huda Bumiayu berada pada kategori baik dengan persentase 36,36%. hasil analisis Uji independen T Test kecerdasan emosional dengan jumlah 10 responden laki-laki dan 12 responden perempuan, diketahui tingkat kecerdasan emosional laki-laki memiliki rata-rata 26,23 sedangkan siswa perempuan memiliki rata-rata 31,77. Dari uraian tersebut diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosional antara jenis kelamin laki-laki dan siswa jenis kelamin perempuan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini, diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Daring |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:53 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:53 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1026 |
Actions (login required)
View Item |