Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MURTIKASARI, Via (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Via Muratikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.docx - Published Version

Download (35kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Via Murtikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Via Muratikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Via Muratikasari-40217048-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika wawancara, yaitu sebagian besar siswa kelas IV hasil belajar dan kemandirian belajar selama pembelajaran online menggunakan Google classroom menurun, terutama pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut disebabkan karena ketika menggunakan aplikasi google classroom banyak siswa dan orang tua siswa yang kurang paham tentang penggunaan google classroom karena kurangnya sosialisasi guru dengan orang tua dan siswa terhadap penggunaan Google classroom. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar sebesar 93,4% dan besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 95,4%. Model pembelajaran blended learning sangat membantu proses pembelajaran di masa pandemi, karena efisien dari segi waktu maupun tempat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Google classroom, Hasil dan Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:17
Last Modified: 05 Oct 2022 03:17
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item