DERMAWAN, Teguh Harry (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 01 TAHUN AJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.docx - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Teguh Harry Dermawan-40214150-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan media video pembelajaran sparkol videoscribe terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 01 Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Tonjong 01, dengan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Post-test hasil belajar IPA kelas eksperimen yaitu 80,00, kelas kontrol yaitu 70,86. Artinya ada perbedaan yang signifikasn antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran videoscribe dengan kelas kontrol yang menggunakan media gambar dan tertulis tanpa videoscribe. Salah satu materi yang diajarkan pada pelajaran IPA kelas IV adalah mengenai siklus daur hidup hewan. Pada materi tersebut guru kesulitan menjelaskan materi dengan menarik. Materi ini disampaikan ala kadarnya hanya menggunakan ceramah. Salah satu alternatif agar pembelajaran dapat berlangsung secara efisien adalah menggunakan media video pembelajaran sparkol videoscribe.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Video, Sparkol Videoscribe, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 04:07 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 04:07 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |