Ratnasari, Dewi (2016) PENGARUH EKSTRA KURIKULER HADRAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)MATERI KISAH TELADAN NABI MUHAMMAD SAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PRUWATAN 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212154_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (237kB) |
|
Text
40212154_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (66kB) |
|
Text
40212154_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (136kB) |
|
Text
40212154_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (406kB) |
|
Text
40212154_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (209kB) |
|
Text
40212154_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (52kB) |
|
Text
40212154_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (50kB) |
|
Text
40212154_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh ekstrakurikuler hadrah terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI) materi Kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas V SD Negeri Pruwatan 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengumpulan data Tes dan Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan sampel 19 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan adalah uji validitas instrument penelitian menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitasnya dan uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov. Analisis data akhirnya menggunakan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas V yang diberi perlakuan diperoleh dari tes pilihan ganda yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran, diperoleh rata-rata pretest adalah 67 Dan untuk nilai posttes 87,7 Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai r-hitung 0,622 lebih besar dari r-tabel (n-2) 0,482 dengan taraf signifikansinya menggunakan 5% yaitu 0,05. Hasil analisis uji regresi linear sederhana dikelas eksperimen ada pengaruh positif dari kegiatan ekstrakurikuler hadrah dengan nilai R Square 0,19 dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ekstrakurikuler hadrah terhadap hasil belajar PAI sebesar 19% . Sedangkan hasil dari tabel analisis data Model Coefficient menunjukan bahwa nilai a 29.988 dan nilai b 1.109 sehingga dimasukkan kedalam rumus regresi linear sederhana yaitu Y = 29.988 + 1.109X.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstra kurikuler Hadrah, Hasil Belajar PAI ,Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.6 Sejarah Islam > Nabi Muhammad SAW 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 14:03 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 14:03 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/104 |
Actions (login required)
View Item |