ISMAIL, M. Marzuqi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERPANGKATAN DAN PENARIKAN AKAR SISWA KELAS V SD NEGERI LAREN 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (767kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (13kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (54kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (157kB) |
|
Text
LAMPIRAN-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-M. ISMAIL MARZUQI-40216035-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Agar hasil belajar matematika siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) pada siswa kelas V di SD Negeri Laren 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran matematika materi perpangkatan dan penarikan akar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah metode pra-eksperimen (Pre-eksperimental design) dengan teknik pengumpulan data one group pretest-posttest. Populasi penelitian yakni siswa SD Negeri Laren 01. Sampel penelitian seluruh kelas V dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-r regresi dan uji-t paired. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa materi perpangkatan dan penarikan akar dengan perolehan nilai thitung = 13,021 > ttabel = 2.131 maka (Ha) diterima. dan terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 87,9 dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional sebesar 54,9 ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Laren 01.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran SAVI, hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 05:57 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 05:57 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1055 |
Actions (login required)
View Item |