YANI, Desy Ari (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PROMOSI LUAR NEGERI TOURISM AUTHORITY OF THAILAND (TAT) TAHUN 2017-2019 MELALUI DIPLOMASI PUBLIK (ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF TOURISM AUTHORITY OF THAILAND (TAT) OVERSEAS PROMOTIONS IN 2017-2019 THROUGH PUBLIC DIPLOMACY). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DESI ARI YANI-43116002-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
Abstract
Era globalisasi saat ini, aktivitas diplomasi meningkat sangat signifikan seiring dengan semakin kompleksnya isu-isu dalam hubungan internasional. Hubungan internasional pun tidak lagi semata-mata dipandang sebagai hubungan antarnegara, juga meliputi hubungan antarmasyarakat internasional. Dalam perkembangannya, pelaku diplomasi saat ini bukan hanya diplomat, melainkan juga non-aktor seperti kalangan swasta, NGO atau masyarakat individu yang mewakili kepentingan nasional negaranya dengan sepengetahuan atau persetujuan pemerintah. Hal tersebut di kenal sebagai diplomasi publik, dimana pelaksanaan diplomasi melalui pemerintah ke masyarakat atau masyarakat ke masyarakat. Seperti yang dilakukan negara Thailand untuk mengembangkan pariwisata tidak cukup hanya pemerintah saja yang menjalankan tetapi dibutuhkan lembaga yang menghubungkan ke masyarakat seperti halnya lembaga Tourism Authority of Thailand (TAT) yang mempunyai peran tersebut. Melalui hal tersebut dalam penelitian ini menanyakan bagaimana implementasi promosi pasar luar negeri TAT melalui diplomasi publik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Konsep Diplomasi Publik sebagai upaya yang dilakukan TAT dalam melakukan strategi promosi luar negeri untuk fokus meningkatkan citra dengan mendorong Thailand untuk menjadi “Tujuan Wisata Populer atau Destinasi Pilihan (Preferred Destination)” bagi seluruh wisatawan dunia, yang mencakup rebranding negara dari “Value for Money” menjadi “Value for Experience” dengan menuju tujuan wisata yang mendukung wisatawan yang lebih berkualitas. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa TAT untuk tahun 2017-2019 berhasil mengimplementasikan promosi pasar luar negeri sesuai klasifikasi konsep diplomasi publik dengan meningkatkan citra Thailand sebagai negara terpopuler dan terbaik untuk destinasi pariwisata yang di pilih langsung dari penghargaan beberapa negara internasional. Sehingga memberi dampak meningkatnya wisatawan asing di tahun 2017 berjumlah 35,59 juta orang, tahun 2018 lebih dari 38,18 juta wisatawan asing, tahun 2019 sebanyak 39,92 juta wisatawan asing. Dan meningkatnya pendapatan pariwisata Thailand di tahun 2017 sebesar 1,831,105 triliun baht, di tahun 2018 sejumlah 1,876,137 triliun baht, dan tahun 2019 sebesar 1,911,808 triliun baht.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TAT, Pariwisata, Thailand, Diplomasi Publik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 320 Ilmu Politik > 327 Hubungan Internasional > Politik Diplomasi; Politik Luar Negeri 900 Sejarah dan Geografi > Geografi; Perjalanan; Turisme; Pariwisata |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional - S1 |
Depositing User: | Users 492 not found. |
Date Deposited: | 10 Dec 2022 03:03 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 03:03 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1092 |
Actions (login required)
View Item |