Ulfah, Luthfi Maria (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212066_Halaman Awal.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (311kB) |
|
Text
40212066_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (60kB) |
|
Text
40212066_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (159kB) |
|
Text
40212066_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (71kB) |
|
Text
40212066_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (87kB) |
|
Text
40212066_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (52kB) |
|
Text
40212066_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (56kB) |
|
Text
40212066_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (301kB) |
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas dan dapat membantu siswa terampil menulis. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa sekolah dasar di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes memiliki keterampilan menulis yang masih rendah, terutama pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa pada siwa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa efektif untuk diterapkan pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarharjo,Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji hipotesis. Uji hipotesis mendapatkan data t-hitung 16,801 > t-tabel 2,110 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media kartun dalam pembelajaran menulis cerita bahasa Jawa pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran Menulis |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 06:55 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 06:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/110 |
Actions (login required)
View Item |