Purniasih, Sety (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 2 CIHONJE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212010_HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (367kB) |
|
Text
40212010_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (278kB) |
|
Text
40212010_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (405kB) |
|
Text
40212010_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (279kB) |
|
Text
40212010_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (436kB) |
|
Text
40212010_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (258kB) |
|
Text
40212010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (196kB) |
|
Text
40212010_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (3MB) |
Abstract
Motivasi belajar peserta didik tidak muncul dengan sendirinya diperlukan rangsangan dari luar yaitu guru perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik. Motivasi belajar sebagai pendorong untuk membangkitkan rasa ingin tahu sehingga peserta didik lebih giat belajar dan Proses belajar akan berjalan dengan baik. Proses belajar akan berjalan dengan baik apabila guru mengajar dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa SD seperti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Cihonje Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri yang ada di desa Cihonje. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Cihonje dengan 25 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan kuisioner (angket). Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan analisis data regresi sederhana diperoleh rhitung= 0,841 > rtabel= 0,396, perhitungan uji F diperoleh Fhitung 55,461 > Ftabel= 4,28 dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05. Perhitungan Uji t diperoleh thitung sebesar 7,447 > ttabel sebesar 1,717 dengan taraf signifikansi 0,05. Persamaan regresi = a + bx diperoleh hasil 20,922. Karena hasilnya positif, menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Cihonje Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 03 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 03 May 2017 04:29 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |