AZIZAH, Elisa Nur (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI BENDA 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (603kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (389kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx.pdf - Accepted Version Download (189kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.docx.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ELISA NUR AZIZAH-40218022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan jenis Experimental Design (Nondesign) dengan bentuk One-Group Pretes Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Benda 01 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai observasi yang dilakukan sebanyak tiga kali diperoleh rata-rata hasil pada pertemuan pertama sebesar 63%, pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata sebesar 71% dan pertemuan tiga diperoleh rata-rata sebesar 79%. Selain itu juga dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang didapatkan berdasarkan data pretest posttest kemampuan membaca diperoleh 0,681. Sedangkan pretest postest kemampuan menulis sebesar 0,758. Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara nilai postest pretest kemampuan membaca dan menulis dengan kategori kuat.. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain, maka terdapat pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III SD Negeri Benda 01
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 07:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:47 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1133 |
Actions (login required)
View Item |