Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA MATHBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU

SALASABILLA, Erin Ochtavia Nur (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA MATHBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (831kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.rtf - Accepted Version

Download (53kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (143kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (235kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ERIN OCHTAVIA NUR SALSABILLA-40218024-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika wawancara, yaitu Sebagian besar kelas IV SD Islam Ta’allumul Huda pemahaman konsep matematika menurun. Hal tersebut disebabkan karena guru kurang memahami pembelajaran yang inovatif, kurangnya minat peserta didik dan kemampuan peserta didik dalam menerima materi masih kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektiv pembelajaran RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penedekatan quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Gorup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan observasi, Teknik analaisis data menggunakan Uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian diperoleh terdapat efektivitas pendekatan pembelajaran RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV Sekolah dasar. Besarnya efektivitas pendekatan RME berbantuan alat peraga mathboard terhadap kemampuan pemahaman konsep memperoleh nilai signifikan pada Uji Independent Sample t-test yaitu 0,210 > 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Alat peraga Mathboard dan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik
Subjects: 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:47
Last Modified: 14 Dec 2022 07:47
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item