AMALIYAH, Fitri Dika (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEKS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PAGOJENGAN 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Download (498kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.docx - Accepted Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Download (224kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Download (124kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
PDF (MODUL PERANGKAT AJAR)
MODUL PERANGKAT AJAR-Fitri Dika Amaliyah-40218028-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di kelas IV SDN Pagojengan 01 yaitu siswa memiliki banyak beragam kemampuan, minat dan kebutuhan siswa dalam belajar serta rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana kelayakan perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh dengan jumlah 29 siswa. Subjek validator penelitian dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian diperoleh (1) Perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal layak digunakan dilapangan dengan perolehan skor ahli media 3,08 dengan kategori sangat baik, ahli materi mendapatkan rata-rata skor dengan 3,20 kategori sangat baik, guru penggerak mendapatkan nilai 3,97 dengan kategori sangat baik. Respon siswa mendapat skor 3,44 dengan kategori sangat baik. (2) Perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal dinyatakan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Pagojengan 01 dengan skor N-Gain sebesar 0,89 yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan signifkansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Konteks Kearifan Lokal |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 03:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 03:18 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1141 |
Actions (login required)
View Item |