SARI, Lisnia Septi Purtia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (315kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-202.pdf - Accepted Version Download (401kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LISNIA SEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-LISNIASEPTI PURTIA SARI-40218040-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan rendahnya hasil belajar siswa yang rendah di kelas yang disebabkan teacher cental learning dan belum adanya pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi skala. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) desain model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Bumiayu 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa produk dinyatakan layak berdasarkan penilaian validasi ahli materi diperoleh dengan skor rata-rata 4,2 dengan kriteria penilaian “Sangat Baik” dan ahli media dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria penilaian “Sangat Baik”, serta penilaian dari respon siswa diperoleh dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan dari penilaian respon guru diperoleh dengan skor rata-rata 4,7 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian uji independent sample t test diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Animate, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 02:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:44 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |