SADILAH, Tiana Gustiani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG 05 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (402kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (307kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
ARTIKEL-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf Download (293kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada tema yang memuat pelajaran IPA masih belum tuntas, berdasarkan wawancara dari 15 siswa terdapat 7 siswa yang mendapat nilai di atas 62 dan sisanya mendapat nilai dibawah 62 yaitu 8 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jipang 05. Dengan hasil rerata pretest sebesar 57,67 dan rerata posttest sebesar 78,67. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t paired sampel t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -14,189 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan antara nilai pretest dan posttest.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Model Pembelajaran, Children Learning In Science, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:36 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:36 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1155 |
Actions (login required)
View Item |