HABIBAH, Aini (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN DIFFERENTITE INTRUCTION (DI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.doc - Published Version Download (28kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (68kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-AINI HABIBAH-40318001-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di Indonesia masih menduduki kategori terendah dari berbagai negara. Guru yang kurang menyadari akan pentingnya memahami karakter siswa juga menjadi faktor penyebab rendahnya pemahaman matematis. Persepsi siswa yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit dan membosankan juga berpengaruh pada minat paham matematika siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga berdampak pada pemahaman matematis salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Pendekatan Differentiate Intruction (DI) merupakan strategi yang dapat meningkatkan kemampuan dan memfasilitasi kebutuhan pembelajaran siswa dari segi kognitif, penalaran, dan minat belajar (Joseph, 2013). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan Differentiate Intruction (DI) berpengaruh pada pemahaman matematis siswa?, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Differentiate Intruction (DI) terhadap pemahaman matematis siwa. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif jenis Designe True Experiments atau penelitian eksperimen dan desain penelitian eksperimen ini adalah Posttest-Only Control Designe. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, dan tes, pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda, teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil pengujian instrumen terdapat 5 soal valid dan layak digunakan dari 10 soal yang dibuat. Dari seluruh hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil bahwa pendekatan Differentiate Intruction (DI) berpengaruh positif dan dapat dikatakan efektif pada pemahaman matematis dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Differentiate Intruction (DI) dan pemahaman matematis |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:18 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1224 |
Actions (login required)
View Item |