Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN INSRTUMEN SOAL MATEMATIKA TIPE OPENO-ENDED BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM(AKM) NUMERASI TINGKAT SMA

KUMALASARI, nida (2022) PENGEMBANGAN INSRTUMEN SOAL MATEMATIKA TIPE OPENO-ENDED BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM(AKM) NUMERASI TINGKAT SMA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.doc - Published Version

Download (24kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NIDA KUMALASARI-40318008-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (551kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA yang valid dan praktis. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bantarkawung untuk mengetahui kepraktisan soal yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode riset pengembangan tipe formative research model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp. Hasil penelitian ini adalah : (1) pengembangan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA valid baik secara konstruk, bahasa, dan isi. (2) praktis tergambar dari hasil uji coba small grup dan field test, dimana uji small grup dengan persentase kepraktisannya sebesar 85%, dan field test diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dimana nilai rata-rata tersebut tergolong dalam kategori “baik” dan dengan presentase kepraktisan 70% berkategori “praktis”. Hasil rata-rata keselurhan angket memperoleh presentase 81,2% berkategori “sangat praktis”. Dari hasil menunjukkan bahwa prototype soal open-ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Soal matematika tipe open-ended, AKM Numerasi
Subjects: 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Users 490 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:43
Last Modified: 16 Jan 2023 03:43
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item