NADHIFA, Amalia Amiqotun (2022) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Download (889kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.docx - Published Version Download (12kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Amalia Amiqotun Nadhifa-40318019-Skripsi-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Belajar matematika tidak hanya tentang menghafal definisi dan rumus,namun juga memahami kemampuan-kemampuan matematis. Salah satu kemampuan yang harus dipelajari peserta didik adalah kemampuan pemecahan masalah. Suatu proses pembelajaran perlu adanya evaluasi pembelajaran. Salah satunya adalah dengan penilaian akhir Ujian Sekolah. Penyusunan butir soal akan berpengaruh terhadap gambaran penilaian kualitas pembelajaran, sehingga baik tidaknya soal yang dibuat perlu adanya suatu analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kesulitan dan daya beda soal Ujian Sekolah matematika di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Tahun Pelajaran 2021/2022 ditinjau kemampuan pemecahan masalah. (2) mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Ujian Sekolah matematika di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Tahun Pelajaran 2021/2022 ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Subjek penelitian adalah 43 peserta didik kelas XII. Hasil penelitian ini adalah dari 35 butir soal Ujian Sekolah Matematika terdapat 19 soal kemampuan pemecahan masalah. Ditinjau dari tingkat kesulitan, terdapat 15,79% berkategori sulit termasuk butir tes kurang baik, terdapat 31,58% berkategori sedang termasuk butir tes cukup baik, dan terdapat 52,63% berkategori sangat sulit termasuk butir tes tidak baik. Ditinjau dari daya beda, terdapat 10,53% berkategori baik, terdapat 10,53% berkategori cukup baik, terdapat 68,42% berkategori tidak baik, dan terdapat 10,53% memiliki daya beda negatif atau berkategori sangat tidak baik. Diperoleh juga bahwa tidak ada peserta didik yang melakukan tahapan yang sesuai dengan langkah penyelesaian soal kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis soal, kemampuan pemecahan masalah, tingkat kesulitan, daya beda |
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 490 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:58 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1247 |
Actions (login required)
View Item |