NM, Diah Ayu (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KALIERANG 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (483kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-20222 (1).pdf - Accepted Version Download (311kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (299kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL- DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
Abstract
Berdasarkan prapenelitian di SDN Kalierang 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa pelajaran PPKn merupakan permasalahan yang terdapat pada Sekolah Dasar, karena pembelajaran yang diterapkan belum optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kalierang 01. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 50 siswa Kelas IVA sejumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan pada kelas IVB sejumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest, perlakuan dan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis terlihat nilai signifikansi 0,265> 0,05, selain itu nilai thitung sebesar 2,746> ttabel 2,011. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar siswa Pelajaran PPKn; model TGT |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 04:17 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1270 |
Actions (login required)
View Item |