Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP PERAN GURU IDOLA DI SD NEGERI 3 KARANG KEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ningrum, Melati (2016) PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP PERAN GURU IDOLA DI SD NEGERI 3 KARANG KEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40212175_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (266kB)
[img] Text
40212175_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (71kB)
[img] Text
40212175_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (84kB)
[img] Text
40212175_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (69kB)
[img] Text
40212175_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (118kB)
[img] Text
40212175_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (52kB)
[img] Text
40212175_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (53kB)
[img] Text
40212175_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru tidak sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi guru senantiasa menjadi seseorang yang memiliki berbagai peran guru yang dapat diidolakan siswanya. Berdasarkan hal tersebut tujuan yang dikemukakan peneliti adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas V terhadap peran guru idola di SD Negeri 3 Karang Kemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu 8 siswa kelas V di SD Negeri 3 Karang Kemiri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas V terhadap peran guru idola di SD Negeri 3 Karang Kemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu guru idola mempunyai peran sebagai inspirator ditunjukkan dengan guru dapat memberi inspirasi yang baik pada siswa dan menjadi contoh yang baik di luar maupun di lingkungan sekolah. Guru sebagai informator yaitu guru dapat memberi informasi terkini pada siswa dengan memberi tujuan yang akan dicapai dari materi pembelajaran. Guru sebagai motivator yaitu guru dapat mendorong siswa supaya semangat belajar dengan menunjukkan sikap ramah serta penuh pengertian. Guru sebagai fasilitator yaitu guru memberikan kemudahan belajar pada siswa, menyediakan fasilitas belajar yang menarik dan menyenangkan. Guru sebagai pembimbing yaitu guru mengenal dan memahami siswanya masing-masing dengan memberi pengarahan kepada siswa yang dibimbingnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, siswa, peran guru, idola.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru

300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 02 May 2017 03:32
Last Modified: 02 May 2017 03:32
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item