Nurochmah, Rizki (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKATIF-APRESIATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 01 KARANGBAWANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212089_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (354kB) |
|
Text
40212089_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (66kB) |
|
Text
40212089_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (132kB) |
|
Text
40212089_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (130kB) |
|
Text
40212089_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (145kB) |
|
Text
40212089_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (49kB) |
|
Text
40212089_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (52kB) |
|
Text
40212089_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (874kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengambilan datanya menggunakan test berupa soal pretest dan posttest. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, eksperimen untuk uji coba dalam penelitian ini mengarah pada Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 01 Karangbawang yang berjumlah 33 siswa, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016, besarnya korelasi antara pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa sebesar 0,744 artinya terjadi hubungan yang sangat signifikan karena nilai tersebut mendekati 1, sedangkan besarnya pengaruh ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana yang melihat nilai R Square sebesar 0,553 hal ini mengandung arti bahwa pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa meningkat sebesar 55,3% dan 44,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Komunikatif-Apresiatif dan Keterampilan Menulis Puisi siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 03 May 2017 04:00 |
Last Modified: | 03 May 2017 04:00 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
View Item |