Search for collections on Repository Universitas Peradaban

DIALEKTIKA RELASIONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI

RAHMAWATI, Rafika (2023) DIALEKTIKA RELASIONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (COVER)
COVER-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN -RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbelakangan mental. Tidak mampu hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain. Membutuhkan pelayanan khusus dalam meniti perkembangan kehidupannya sehari-hari, termasuk dalam membimbing dan melatih perkembangan minat dan bakat. Anak tunagrahita membutuhkan peran serta guru dalam mengembangkan kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dialektika relasional guru terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam meningkatkan kreativitas di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk pengambilan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini memperhatikan 4 aspek dalam dialektika relasional yaitu, totalitas, kontradiksi, pergerakan, dan praksis.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa upaya guru untuk memberikan kesanbaik bagi anak tunagrahita agar dapat berkomunikasi. Kemudian dengan kedekatan yang terjalin, siswa tunagrahita memiliki ketergantungan. Kontradiksi dialektika yang terjadi antara guru dan siswa tunagrahita juga timbul dengan berbagai macam konflik hubungan interpersonal. Namun, konsistensi arahan guru berhasil membuat siswa tunagrahita secara perlahan mengerjakan beberapa hal kecil . Di sisi lain, kesabaran dan arahan dari guru saat menghadapi siswa tunagrahita juga diarahkan untuk mengurangi rasa ketergantungan siswa tunagrahita. Semua upaya itu menunjukkan hasil yang baik. Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati lebih menekankan dan mengutamakan keterampilan bagi anak didiknya, agar nantinya anak tunagrahita mampu hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dialektika Relasional, Komunikasi, Guru dan Anak Tunagrahita
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru

300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1
Depositing User: Users 514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:36
Last Modified: 13 Nov 2023 01:36
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item