Rahman, Arlin Nurhafizatur (2016) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MALUNGGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD NEGERI PAMIJEN 01 TAHUN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212090_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (298kB) |
|
Text
40212090_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (62kB) |
|
Text
40212090_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (102kB) |
|
Text
40212090_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (132kB) |
|
Text
40212090_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (102kB) |
|
Text
40212090_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (48kB) |
|
Text
40212090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (49kB) |
|
Text
40212090_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti tentang perilaku siswa selama berada di sekolah. Siswa menunjukkan kematangan secara emosional dalam pengendalian diri, khususnya adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler malungga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler malungga terhadap kecerdasan emosional siswa di SD Negeri Pamijen 01. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari kelas V dan kelas VI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Pamijen 01 sebanyak 10 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara uji korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler malungga terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 17,1%. Selain itu, hasil hasil penelitian ini dapat dilihat dari koefisien korelasi yang terjadi antara ekstrakurikuler malungga (X) dengan kecerdasan emosional (Y) sebesar 0,414 pada proporsi 0,028<0,05, maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan uji regresi yang dilakukan, diperoleh nilai konstan sebesar 19,348, koefisien regresi untuk variabel ekstrakurikuler malungga sebesar 0,666, sehinggamodel regresi sederhana yang diperoleh adalah Y= 19,348 + 0,666X.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekstrakurikuler Malungga, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 03 May 2017 07:24 |
Last Modified: | 03 May 2017 07:31 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/136 |
Actions (login required)
View Item |