HIDAYAH, Siti Nur (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SOAL SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRIKELAS X SMK SEMESTA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
PDF (DAFTAR PUTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SITI NUR HIDAYAH-40319007-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, menurut hasil observasi selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan wawancara terhadap guru matematika kegiatan belajar mengajar siswa kurang aktif karena metode atau strategi pembelajaran yang digunakan masih monoton dan hasil belajar siswa masih banyak yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis soal superitem terhadap pemahaman konsep matematis. Populasi siswa kelas X SMK Semesta Bumiayu. Sampelnya yaitu kelas eksperimen X.I MPLB, kelas kontrol X.2 MPLB, dan kelas uji coba XI Farmasi, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata pemahaman konsep matematis siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa melampaui KKM yaitu 71 dengan presentase ketuntasan 80%. Nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 81,88 lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 69,6. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ̂menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses belajar siswa sebesar 87,4%. Kesimpulan dari uraian di atas adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis soal superitem efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMK kelas X.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Think Pair Share, Pemahaman Konsep Matematis, Superitem, Keterampilan Proses |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:47 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1368 |
Actions (login required)
View Item |