RACHMA, Siska Yanita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SMART APPS CREATOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Siska Yanita Rachma-40319008-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (36kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Siska Yanita Rachma-40319008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (40kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Siska Yanita Rachma-40319008-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Siska Yanita Rachma-40319008-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
Abstract
Kurangnya minat peserta didik pada pembelajaran matematika menjadikan mereka malas dalam belajar dan berimbas pada hasil tugas yang rendah. Sealain itu guru masih kurang memanfaatkan teknologi dengan baik, padahal fasilitas di sekolah sudah cukup memadai. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang dapat memicu minat, dan perhatian peserta didik, salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbantuan Smart Apps Creator dengan berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Desaign(Rancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validator konstruk/media, angket validator materi, dan angket respon peserta didik (kepraktisan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan memperoleh kriteria kelayakan setelah melewati uji validasi media dengan presentase sebesar 86,6% dengan kategori sangat layak dan uji validasi materi degan persentase sebesar 81,66% dengan kategori sangat layak. Sedangkan pada uji kepraktisan produk oleh peserts didik memperoleh persentase sebesar 78,48% dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning berbantuan Smart Apps Creatordapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, PBL, Smart Apps Creator. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:47 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1369 |
Actions (login required)
View Item |