Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI OPERASI PECAHAN BILANGAN KELAS III SD NEGERI BUNIWAH 01

Anggraeni, Eka Noviana (2016) PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI OPERASI PECAHAN BILANGAN KELAS III SD NEGERI BUNIWAH 01. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40212153_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (285kB)
[img] Text
40212153_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (71kB)
[img] Text
40212153_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (98kB)
[img] Text
40212153_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (190kB)
[img] Text
40212153_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (94kB)
[img] Text
40212153_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (49kB)
[img] Text
40212153_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (51kB)
[img] Text
40212153_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi operasi pecahan bilangan yang masih sangat kurang mempelajarinya terutama masalah konsep-konsepnya serta kemampuan pemecahan masalah. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai ulangan matematika kelas III yang mendapatkan nilai diatas KKM hanya 35%. Nilai KKM pelajaran matematika kelas III SD Negeri Buniwah 01 adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD Negeri Buniwah 01 dengan menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berpendekatan Pembelajaran Langsung. pemecahan masalah mengandung pengertian sebagai proses berpikir tingkat tinggi dan mempunyai peranan yang penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis One-Shot Case Study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Buniwah 01 kelas 3 yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan dokumentasi dengan analis datanya yaitu Analisis butir soal dengan uji validitas, uji reabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda sedangkan analisis data akhirnya menggunakan uji moralitas dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dengan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berpendekatan Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Operasi Pecahan Bilangan Kelas III SD Negeri Buniwah 01 sebesar 56,7% sedangkan sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain dengan persamaan regresi dari variabel bebas dan terikatnya Y= -3.168+ 0,949 maka dapat dikatakan pembelajaran Model RME (Realistic Mathematics Education) berpendekatan pembelajaran Langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model RME (Realistic Mathematics Education), Pembelajaran Langsung, Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 06 May 2017 03:48
Last Modified: 06 May 2017 03:48
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item