APRILIYATI, Dewi (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLABORATIF MATERI LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_SKRIPSI_BAB_1-5_DEWI_APRILIYATI[1].docx - Published Version Download (30kB) |
|
PDF (COVER)
COVER_SKRIPSI_BAB_1-5_DEWI_APRILIYATI[1].pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (27kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Dewi Apriliyati-40419003-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis komunikasi interpersonal guru dan siswa pada pembelajaran kolaboratif materi laporan hasil observasi kelas X di SMK Muhammadiyah Bumiayu. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X TO 5. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; 1) tahap-tahap pembelajaran kolaboratif di kelas X TO 5 yaitu penerapan pembelajaran kolaboratif materi laporan hasil observasi sudah dilaksanakan dengan baik karena siswa berkolaborasi secara aktif untuk saling bertukar ide, berdiskusi, dan saling menghargai terhadap tugas. Maka, hasil diskusi tersebut yang akan menjadi penilaian guru terhadap kemampuan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran; 2) komunikasi interpersonal guru dan siswa sudah menunjukkan bahwa adanya kedekatan komunikasi guru ketika mengajar sudah komunikatif hal ini dilatarbelakangi oleh wawasan pengetahuan serta kemampuan berbicara guru dan pemahaman siswa saat menerima informasi tentang materi laporan hasil observasi; dan 3) hambatan yang ditemukan, yaitu: pertama, hambatan psikologis contohnya siswa dengan karakter yang berbeda perlu adanya pembinaan sikap dan kedua, hambatan teknis yaitu keterbatasan media pembelajaran yang menjadi penghalang saat guru akan menggunakan untuk mendukung pembelajaran. Siswa memberikan nilai positif terhadap komunikasi interpersonal guru serta dalam pembelajaran kolaboratif mendapatkan nilai rata- rata sebesar 80,39%, sehingga tercapainnya komunikasi interpersonal pada pembelajaran kolaboratif materi laporan hasil observasi terdapat kedekatan guru dan siswa sehingga meningkatakan kemampuan belajar dan keterampilan komunikasi siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interpersonal, pembelajaran kolaboratif, guru, siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:32 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1446 |
Actions (login required)
View Item |