Purwati, Fitri (2016) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 DI SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212035_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (173kB) |
|
Text
40212035_BAB 1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (72kB) |
|
Text
40212035_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (105kB) |
|
Text
40212035_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (87kB) |
|
Text
40212035_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (153kB) |
|
Text
40212035_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (58kB) |
|
Text
40212035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (50kB) |
|
Text
40212035_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai motivasi belajar IPA siswa kelas V pada Tema 9 Subtema 1 terutama pada pembelajaran 1 di SD Islam Ta’Allumul Huda Bumiayu. Peneliti melakukan penelitian mengenai motivasi, karena motivasi belajar siswa dianggap penting bagi seorang guru untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan. Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VB di SD Islam Ta’Allumul Huda Bumiayu memiliki motivasi belajar rendah terutama pada pembelajaran IPA. Berdasarkan permasalahan yang ada peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji instrumen, uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dalam proses belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen membuktikan adanya pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 80,7 % dan 19,3 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan menggunakan metode eksperimen siswa berangggapan bahwa apabila proses pembelajaran yang dilakukan dengan membuktikan dan melakukan secara mandiri untuk memperoleh pengetahuan, maka akan mengurangi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru terutama pada saat siswa belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Motivasi Belajar IPA |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 06 May 2017 08:20 |
Last Modified: | 06 May 2017 08:20 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/145 |
Actions (login required)
View Item |