SAFITRI, Ticha Anis (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SI BINDO PADA MATERI BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER I. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (394kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-TICHA ANIS SAFITRI-40419026-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk materi Bahasa Indonesia kelas VII SMP. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumen, dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Paguyangan dengan jumlah siswa kelas VII A semester 1 sebanyak 27 siswa. Terdapat empat hasil penelitian. Pertama, analisis kebutuhan dengan hasil penelitian bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa masih kurang memahami materi teks deskripsi, teks cerita fantasi, dan teks prosedur. Analisis kurikulum, diperoleh data bahwa kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum merdeka, dan analisis karakteristik siswa cenderung lebih tertarik dengan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi. Hasil penelitian Kedua, tahap desain dimulai dari penyusunan kerangka media pembelajaran, penentuan sistematika materi yang dikembangkan, kemudian perencanaan instrumen yang akan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian tahap ketiga, tahap pengembangan, tahap ini mengikuti rancangan yang telah dibuat. Tahap ini diperoleh hasil kevalidan dari total empat validator yaitu diperoleh nilai 90,8% yang artinya produk media pembelajaran masuk ke dalam kategori sangat valid. Hasil penelitian tahap keempat, melakukan uji kepraktisan yang dilakukan di SMPN 2 Paguyangan dan memperoleh skor 85,47% artinya produk media pembelajaran masuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil skor yang telah diperoleh dari uji validasi media pembelajaran Bahasa Indonesia memperoleh hasil sangat valid dan dari hasil uji kepraktisan memperoleh hasil sangat praktis, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Pembelajaran Bahasa; Pendidikan Bahasa; Riset Bahasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:32 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1450 |
Actions (login required)
View Item |