Apriliana, Gita (2016) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BUMIAYU 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212142_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2018. Download (131kB) |
|
Text
40212142_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2018. Download (64kB) |
|
Text
40212142_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2018. Download (116kB) |
|
Text
40212142_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2018. Download (66kB) |
|
Text
40212142_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2018. Download (147kB) |
|
Text
40212142_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2018. Download (51kB) |
|
Text
40212142_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2018. Download (52kB) |
|
Text
40212142_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2018. Download (761kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya masalah kekerasan dan diskriminasi terhadap anak. Pemerintah berusaha menanggulangi masalah tersebut, dengan cara diterapkannya sekolah ramah anak, salah satunya di SD Negeri Bumiayu 01, sebagai sekolah yang baru menerapkan sistem tersebut dan merupakan program baru yang sedang diterapkan harus menerapkan empat tahapan dalam menerapkan sekolah ramah anak, yaitu tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana impelementasi pengembangan sekolah ramah anak berdasarkan ketentuan Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah SD Negeri Bumiayu 01. Sumber data berasal dari guru, murid, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan model sekolah ramah anak di SD Negeri bumiayu 01 tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap persiapan yang dilakukan dalam menerapkan sekolah ramah anak sudah cukup bagus dan matang, sekolah sudah melakukan sosialisasi sekolah ramah anak di SD Negeri Bumiayu 01. Perencanaan sekolah ramah anak di SD Negeri Bumiayu 01 sudah cukup baik, karena sudah mengacu pada tahapan penerapan sekolah ramah anak. Pelaksanaan penerapan sekolah ramah anak sudah berjalan cukup baik. Tetapi, dalam hal pendidik dan tenaga kependidikan masih kurang sesuai dengan program sekolah ramah anak, walaupun sudah diusahakan dengan menggunakan kasih sayang dan bahasa yang baik, perlakuan harus diseimbangkan dengan kompetensi guru. Proses evaluasi penerapan sekolah ramah anak di SD Negeri Bumiayu 01 sudah berjalan cukup baik. Tetapi perlu adanya penelaahan aturan sekolah. Penambahan, penghilangan dan penyempurnaan tata aturan sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, sekolah ramah anak |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 07 May 2017 06:23 |
Last Modified: | 07 May 2017 06:23 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |