WAHYONO, Wahyono (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI (Studi Kasus RSU Siti Asiyah Bumiayu). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (77kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fuzzy Mamdani dalam mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Siti Asiyah Bumiayu sebagai upaya perbaikan mutu pelayanan. Setelah melakukan analisis menggunakan teknik Fuzzy Mamdani terhadap data dari 198 responden yang menjawab dua puluh pertanyaan terkait harapan dan kenyataan pelayanan, hasil akhir pengujian kepuasan pasien menunjukkan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 83.66%. Ini berarti bahwa sebagian besar pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Siti Asiyah Bumiayu. Hasil ini memberikan kontribusi penting dalam meng identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan. Faktor-faktor tersebut meliputi aspek-aspek seperti kenyataan (), kehandalan (reliability), kecepatan tanggapan (responsiveness), jaminan (Assurance), dan kepedulian (empathy) dalam konteks pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Temuan-temuan ini dapat memberikan wawasan baru bagi manajemen rumah sakit dalam upaya perbaikan mutu pelayanan. Data dianalisis menggunakan teknik Fuzzy Logic dengan bantuan perangkat lunak JFuzzyLogic dan bahasa pemrograman Java. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Fuzzy Mamdanidalam mengukur kepuasan pasien memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi manajemen rumah sakit dalam memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan pasien dan perbaikan mutu pelayanan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fuzzy Mamdani, kepuasan pasien, kualitas pelayanan, rumah sakit, JFuzzyLogic, Java. |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 004-Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer; Algoritma Komputer |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Informatika - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
View Item |