HARTANTI, Chintya Dwi (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV A SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (9kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (86kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (21kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-CHINTYA HARTANTI-40218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Minat baca di Indonesia masih cukup rendah terbukti dari masih sulitnya siswa dalam memahami sebuah bacaan. Akibatnya terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca dan tidak memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Kesulitan membaca yang dialami oleh siswa dapat dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, faktor-faktor, dan pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan membaca siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 7 siswa kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap kesulitan membaca siswa kelas IV A dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca yaitu, menunjuk setiap kata yang dibaca, menempatkan buku terlalu dekat dengan mata, mulutnya komat-kamit ketika membaca, membaca kata demi kata, dan melakukan analisis, tetapi tidak dapat mensintesiskannya. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu, faktor internal meliputi faktor fisiologi seperti adanya gangguan kesehatan yang dialami siswa, faktor psikologi seperti, minat belajar yang kurang dan keaktifan siswa yang kurang. Faktor eksternal meliputi, faktor nonsosial seperti, media belajar yang kurang lengkap dan model dan metode yang digunakan guru ketika proses pembelajaran serta faktor sosial yaitu karena faktor handphone karena kurangnya pengawasan dari orang tua
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Membaca, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:32 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1509 |
Actions (login required)
View Item |