Yazidah, Izatul (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADATEMA 8 DI SD NEGERI LAREN 04 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212027_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (315kB) |
|
Text
40212027_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (30kB) |
|
Text
40212027_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (76kB) |
|
Text
40212027_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (42kB) |
|
Text
40212027_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (117kB) |
|
Text
40212027_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (15kB) |
|
Text
40212027_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (19kB) |
Abstract
Strategi PQ4R merupakan teknik belajar untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang dibaca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Tujuan dari penyusunan skripsi ini untuk mengetahui apakahada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap prestasi belajar siswa pada tema 8 Kelas V di SD Negeri Laren 04 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Fokus penggunaan metode ini adalah untuk membandingkan prestasi kelas V SDN Laren 04 antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. desain penelitian Pre-Eksperiment design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data diawali dengan uji normalitas. Data yang diperoleh menunjukan angka 0,200 untuk data Pretest maupun data Postest taraf signifikasi sebesar 0,05. Artinya data yang terkumpul berdistribusi normal atau data lebih besar dari taraf signifikasi yang ditentukan. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi menunjukkan R Square 0,744 lebih besar dari r tabel sebesar 0,632. Artinya terdapat hubungan yang berarti dan pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN Laren 04 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran PQ4R, Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 08 May 2017 03:16 |
Last Modified: | 08 May 2017 03:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/151 |
Actions (login required)
View Item |