NURLAELA, Dina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PENDEKATAN SAINTIFIK ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DINA NURLAELA-40218019-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran IPA menyebabkan rendahnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, penyampaian materi masih menggunakan metode ceramah dan modul saja, sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video berbasis powtoon pendekatan saintifik etnosains untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda kelas V yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development) dengan model 4D meliputi Deffine, Design, Develop, and Dissemination. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Surusunda 03 sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media video berbasis powtoon pendekatan saintifik etnosains dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli media dengan skor 3,87 kriteria “Baik” dan ahli materi dengan skor 3,83 kriteria “Baik”. Hasil angket respon guru dengan skor 27,8 dan hasil angket respon siswa dengan skor 10,6 kriteria “Sangat Baik”. Uji T Paired Simple t test menunjukkan pada daerah penolakan HO dinyatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Powtoon, Pendekatan Saintifik, etnosains, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1512 |
Actions (login required)
View Item |