IZAH, Tiya Nurul (2022) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TERHADAP SOAL MATERI PECAHAN KELAS V DI SD NEGERI DUKUHTURI 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.doc - Published Version Download (28kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (412kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-TIYA NURUL IZAH-40218055-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Berdasarkan prapenelitian di SD Negeri Dukuhturi 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan masih rendah dan belum mencapai nilai KKM yaitu 65. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif siswa terhadap soal materi pecahan kelas V Di SD Negeri Dukuhturi 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Pemilihan sempel jenuh dimana semua populasi dijadikan sempel penelitian sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan mengenai kemampuan kognitif soal materi pecahan pada indikator mengingat C1 memperoleh persentase rata-rata 93% dalam kategori baik sekali, indikator memahami C2 memperoleh persentase rata-rata 87% dengan kategori sangat baik sekali, indikator mengaplikasikan C3 memperoleh persentase rata-rata 80% dengan kategori baik, indikator menganalisis C4 memperoleh persentase rata-rata 73% dengan kategori baik, indikator mengevaluasi C5 memperoleh persentase rata-rata 63% dengan kategori cukup, indikator mencipta C6 memperoleh persentase rata-rata 47% dengan kategori kurang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai p-value (sig.) yaitu 0,017 0,05, selain itu nilai t hitung t tabel yaitu 2,696 1,761, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya kemampuan kognitif terhadap soal materi pecahan siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 dalam kategori baik dengan persentase 65%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soal materi pecahan; kemampuan kognitif; SD Negeri Dukuhturi 01 |
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |