LESTARI, Iin (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SLICE FRACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL HOTS KELAS IV SDN KALIWADAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (50kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (695kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-IIN LESTAR-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-IIN LESTARI-40219003-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai siswa. Namun, permasalahan muncul terkait rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model PBL berbantuan Slice Fraction efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal HOTS kelas IV SDN Kaliwadas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwadas. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, yaitu cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDN Kaliwadas 01 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN kaliwadas 03 sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil uji independent sample t test pada penelitian ini menunjukkan nilai thitung sebesar 5,258 sedangkan ttabel sebesar 2,0129. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Artinya, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Slice Fraction efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal HOTS kelas IV SDN Kaliwadas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Slice Fraction, Soal HOTS |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |