RAHAYU, Sri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (35kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (38kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SRI RAHAYU-40219007-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan membaca siswa kelas V masih tergolong rendah. Terdapat siswa yang belum lancar membaca, belum bisa memahami kata atau kalimat, dan kurang antusias dalam membaca Padahal seharusnya siswa kelas V sudah dituntut untuk lancar membaca karena untuk mempersiapkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Jatisawit 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca yaitu a) Kematangan mental yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa, b) Kemampuan visual yaitu belum bisa membedakan huruf alfabet, bacaan yang panjang, belum bisa memahami bacaan, kesulitan dalam mengeja, rasa malas dan bosan, c) Kemampuan mendengarkan yaitu kemampuan mendengarkan yang kurang, d) Perkembangan wicara dan bahasa yaitu belum lancar dalam menggunakan bahasa Indonesia, e) Keterampilan berpikir dan memperhatikan yaitu kesulitan memperhatikan dalam waktu yang lama, f) Perkembangan motorik yaitu belum bisa membaca tanpa menunjuk tulisan, g) Pematangan sosial dan emosional yaitu belum bisa membaca lancar secara mandiri, dan h) Motivasi dan minat yaitu kurangnya motivasi pada diri siswa, sarana dan prasarana sekolah yang kurang, dan kurangnya peran orang tua. Jadi terdapat 8 faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Jatisawit 02 yaitu kematangan mental, kemampuan visual, kemampuan mendengarkan, perkembangan wicara dan bahasa, keterampilan berpikir dan memperhatikan, perkembangan motorik, kematangan sosial dan emosional, motivasi dan minat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Membaca, Kelas V SD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1526 |
Actions (login required)
View Item |