SEFTIANA, Fira (2023) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APPSGEYSER PADA MATERI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD N KRETEK 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (COVER)
HALAMAN UTAMA-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (933kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (188kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL FIRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran menyebabkan rendahnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi etnomatematika untuk meningkatkan numerasi siswa pada materi bangun datar kelas V yang valid, efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development) dengan model ADDIE yang meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Kretek sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Appsgeyser dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi dan guru kelas dengan presentase lebih dari 80% sehingga memiliki kriteria “Sangat Baik” . Uji paired sample t test menunjukkan pada daerah penolakan HO dinyatakan dapat meningkatkan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Appsgeyser, Etnomatematika, Numerasi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1529 |
Actions (login required)
View Item |