RAHMAWATI, Anisa (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SUKU KATA SYLLABIC METHOD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL-HIKMAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (32kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (777kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA 1-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (41kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ANISA RAHMAWATI-40219020-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah diantaranya yaitu masih banyak ditemui ketidakmampuan siswa yang kurang mengenal huruf-huruf alfabetis, siswa kesulitan membaca kata yang berakhiran konsonan, terdapat siswa yang kesulitan memahami huruf "b", "d", dan huruf "p", terdapat siswa yang kesulitan memahami huruf "f" dan "v", terdapat siswa yang menghilangkan huruf ketika membaca kalimat sederhana. Hal ini yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan sebelum menggunakan menggunakan metode suku kata syllabic method dan setelah menggunakan metode suku kata syllabic method, (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode suku kata syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Tamrinussibyan 01 Al-Hikmah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre�eksperimental designs jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Tamrinussibyan I Al-Hikmah, dengan sampel 30 siswa kelas 1 MI Tamrinussibyan I Al-Hikmah. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample test (Uji T) dan juga uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (-18.673 > 2.045). sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan nilai koefisien signifikasi (2-tailed) menunjukkan 0,000. Karena nilai signifikasi < 0,05, maka H0 ditolak. Hasil nilai rata-rata (mean) N-gain scor menunjukkan hasil 0,76 atau 76% termasuk dalam kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca menggunakan metode suku kata syllabic method efektif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Suku Kata Syllabic Method, Kemampuan Membaca Permulaan. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 16 Dec 2023 02:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2023 02:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1534 |
Actions (login required)
View Item |