AZIZAH, Asri Nur (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-DESA JATISAWIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRK)
ABSTRAK-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I- ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (475kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ASRI NUR AZIZAH-40219022-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV dan latihan soal yang diberikan guru tidak menstimulasi siswa agar mampu menyelesaikan soal latihan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan STEAM berbantuan media Wordwall dapat melampaui KKTP serta lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Metode penelitian ini penelitian kuantitatif, pendekatan True Experimental Design, rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN se-Desa Jatisawit. Teknik sampel yang digunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan siswa kelas IV SDN Jatisawit 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Jatisawit 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh sign sebesar 0,023< 0,05 pada uji ketuntasan individual dan sign sebesar 0,000 < 0,05 pada uji ketuntasan klasikal. Sedangkan uji Independent Sample T-test sign (2-tailed) sebesar 0,033 < 0,05. Artinya, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran STEAM berbantuan media Wordwall dapat melampaui KKTP dan lebih baik dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Efektivitas, Pendekatan Pembelajaran STEAM, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 16 Dec 2023 02:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2023 02:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1535 |
Actions (login required)
View Item |