RAMADANA, Aulia (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGRI JATISAWIT 03. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-AULIA R-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023(2).pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (234kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-AULIA RAMADANA-40219023-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kurikulum baru yaitu kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka dalam pelaksanaanya tentunya terdapat perubahan dan perbedaan dengan kurikulum sebelumnya khususnya dalam menyelenggarakan pembelajaran, kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi pedagogik guru sehingga mendukung keberhasilan pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka dan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas I dan guru kelas IV SD Negeri Jatisawit 03. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneltii yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi data (conclusion). hasil penelitian menunjkan 1) Kepala sekolah berperan dalam membimbing guru, memberi kesempatan kepada guru dan melibatkan guru mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, seminar, KKG yang berkenaan dengan kurikulum merdeka, menertibkan administrasi guru, dan memotivasi guru 2) Kompetensi pedagogik guru kelas I khususnya kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran implementasi kurikulum merdeka masih kurang maksimal, untuk kompetensi pedagogik yang lainnya sudah cukup baik kompetensi pedagogik guru kelas IV secara keseluruhan sudah cukup baik mulai dari kemampuan memahami peserta didik, perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan potensi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1536 |
Actions (login required)
View Item |