Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONTROL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

AYUNINGSIH, Ayuningsih (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONTROL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (12kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (BB I)
BAB I-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (528kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya ketersediaan buku pendamping yang menarik dan rendahnya kemampuan Self Control siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping berbasis pendidikan moral untuk meningkatkan kemampuan Self Control siswa. Jenis penelitian ini ialah Research and development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Mauhibul Athfal dan MI Hidayatul Athfal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) Buku pendamping berbasis pendidikan moral layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 88 dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 94,67 dan respon siswa sebesar 98,95 dengan kategori sangat layak. (2) hasil uji t menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku pendamping berbasis pendidikan moral. Maka dapat dikatakan bahwa buku pendamping berbasis pendidikan moral mampu meningkatkan kemampuan self control siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Buku Pendamping, Pendidikan Moral, Self Control.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Users 514 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:33
Last Modified: 20 Dec 2023 04:33
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item