FAUZI, Briliana Rifahma (2023) SURVEI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI DI DESA SURUSUNDA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (72kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (144kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (32kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-BRILIANA RIFAHMA FAUZI-40219025-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SD/MI di Desa Surusunda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei sampel. Pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi belajar (X) dan kemampuan berpikir kritis (Y). Hal ini dibuktikan dengan sig 0,000 < 0,05 dan besarnya korelasi dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,869 dan memiliki nilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Tingkat hubungan tersebut sangat kuat dan bersifat searah/ positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Siswa SD/MI |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
View Item |