UTAMI, Dwi Roro (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPPINGBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI KALIERANG 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (249kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (69kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI RORO UTAMI-40219033-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DWI RORO UTAMI-40219033-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya tuntutan dunia menuntut pendidikan mengikuti perkembangan teknologi terhadap peningkatan pendidikan, terutama pada penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan e-modul flippingbook yang dikembangkan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), Evaluation (Evaluasi). Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 25 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji T Sample Berpasangan (Paired Samples T Test). Hasil penelitian yang diperoleh (1) pengembangan e-modul flippingbook dengan hasil rata-rata dari ahli media 90% dengan kriteria sangat layak, hasil rata-rata dari ahli materi 88% dengan kriteria sangat layak dan hasil rata-rata dari guru kelas 96,25% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukan bahwa e-modul flippingbook yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar berbasis elektronik dalam proses pembelajaran, (2) e-modul flippingbook hasil pengembangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa praktis digunakan (3) e-modul flippingbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul Flippingbook, Berpikir Kritis |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:17 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:17 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |