OKTAVIA, Fita Dwi (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SBDP BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FITA DWI OKTAVIA-40219037- SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik yang berdampak pada hasil belajar serta kurangnya pemanfaataan media berbasis teknologi dalam pembelajaran seni tari yang digunakan guru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas penggunaan e-Modul pembelajaran SBdP berbasis flipbook dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dan mengadopsi model 4D dari Thiagarajan yang meliputi 4 tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Desaign (Rancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Dermaji dan SD Negeri 2 Lumbir. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T teknik independent t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-Modul layak dan valid berdasar penilaian ahli media sebesar 4,66 kategori “Sangat Baik”, ahli materi sebesar 3,69 kategori “Baik”, dan ahli bahasa sebesar 3,42 kategori “Baik” (2) hasil Analisis Uji T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,016<0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan e-Modul pembelajaran SbdP berbasis flipbook. Maka dapat dikatakan bahwa e-Modul pembelajaran SbdP berbasis flipbook mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Flipbook, minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1546 |
Actions (login required)
View Item |