AENI, Khurrotul (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (9kB) |
|
PDF (COVER)
COVER_KHURROTUL AENII_40219048.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-KHURROTUL AENI-40219048-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Proses belajar mengajar yang masih banyak ditemukan di dalam kelas masih bersifat monoton, banyak yang terpaku dengan penggunaan metode ceramah yang hanya memberikan penjelasan- penjelasan kepada siswa tentang materi yang diajarkan. Khususnya pada proses pembelajaran PAI. Di dalam penelitian ini akan memaparkan penggunaan media video animasi sebagai media pembelajaran PAI untuk meningkatkan kreativitas para guru PAI dalam mengajar dan untuk menambah wawasan bagi siswa pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Discovery Learning 80 % dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi dapat membantu guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam memahami materi sehingga siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Animasi, Model Discovery Learning |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1549 |
Actions (login required)
View Item |