Astuti, Lina Dwi (2016) PENUMBUHAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBIASAAN MARKET DAY DI SEKOLAH ALAM BATURADEN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212184_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (229kB) |
|
Text
40212184_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (66kB) |
|
Text
40212184_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (99kB) |
|
Text
40212184_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (65kB) |
|
Text
40212184_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (153kB) |
|
Text
40212184_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (66kB) |
|
Text
40212184_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (54kB) |
|
Text
40212184_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya tantangan dan persaingan di era globalisasi. Dan dalam hal tersebut sekolah harus mampu membekali siswa dengan keterampilan untuk bekal kehidupan nanti setelah siswa lulus. Salah satu keterampilan itu ialah berwirausaha, jika sekolah bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sejak dini maka akan menciptakan wirausaha muda dikemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan program market day guna menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sekolah alam baturaden sejak dini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang selanjutnya ditranggulasikan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dari guru dan siswa dalam kegiatan. Penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data untuk menganalisisnya Hasil penelitian ini adalah bahwa program market day merupakan kegiatan berwirausaha dimana siswa bertindak sebagai penjual yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali sesuali tingkat level kelas. Guru kelas memiliki peran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk memotivasi, mengarahkan dan sebagai fasilitator dalam kegiatan market day. adapun cara guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa yaitu dengan memberikan contoh kepada siswa secara langsung dan menanamkan kemampuan dasar siswa untuk membuat suatu karya. Pembiasaan market day sangat efektif dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa yang mengikuti kegiatan market day yaitu dengan ketrampilan berwirausaha yang di praktikan dan mampu mengasah ranah kognitif, afektif, psikomotorik siswa. Sedangkan tujuannya adalah a) sebagai wadah ketrampilan wirausaha siswa, b) melatih mental siswa, c) dapat membantu siswa dalam belajar, dan d) membentuk karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market Day, Kewirausahaan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Kewirausahaan, Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 09 May 2017 03:52 |
Last Modified: | 09 May 2017 03:52 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/155 |
Actions (login required)
View Item |